ONE STOP NETWORK

ONE STOP NETWORK
SHOPPING ONLINE TERPERCAYA

KOPI MORGAN DAHSYAT

MORGAN COFFEE

MORGAN COFFEE SINO USA COLLABORATION TECHNOLOGY

Create your own video slideshow at animoto.com.

Jumat, 15 Oktober 2010

Hindari Kegagalan di Bisnis MLM

Multi Level Marketing (MLM) atau yang biasa disebut dengan bisnis network marketing, sekarang ini sudah menjadi bisnis utama bagi kebanyakan orang pasalnya bisnis ini sudah terbukti banyak melahirkan milyarder-milyarder baru. Lihat saja pasangan suami isteri Louis Tendean dan Ferawati Hartono yang telah meraih sukses di bisnis MLM Tianshi yang mempunya penghasilan di atas satu milyar per bulan. Ini membuktikan betapa dahsyatnya bisnis network marketing. Sayangnya masih banyak orang yang memandang negatif bisnis ini. Hal ini disebabkan kurangnya pengtahuan mereka tentang bisnis jaringan ini. Kisah sukses di atas adalah hanya sebagian kecil dari orang-orang yang telah meraih sukses, masih banyak para pelaku bisnis MLM yang telah meraih sukses, di Oriflame Cynthia Venica seorang wanita yang telah sukses dan mempunyai penghasilan lebih dari 200 juta per bulan ini dulu berani mengambil keputusan terjun ke bisnis MLM, hingga sukses seperti sekarang. Kesuksesan yang mereka raih bukan tanpa kerja keras, mereka semua berkomitmen atas pilihannya terjun ke dunia network marketing. Mereka tidak takut mengalami kegagalan karena menurut mereka kegagalan atau penolakan merupakan proses menuju sukses.
Walau industri ini telah berlangsung 30 tahun lalu, baru sekarang sebagian masyarakat menyadari kekuatan bisnis ini, terutama bagi para pegawai dan profesional. Mereka kini mulai melirik bisnis ini, mengingat sebagian besar dari bisnis yang mereka bangun, basis keuangannya tidak jauh beda dengan pebisnis MLM.
Terlebih lagi bagi konsumen, merupakan tantangan untuk mendapatkan income kedua di luar gaji, dengan resiko yang relatif kecil. Bukan rahasia lagi, masyarakat saat ini dibenturkan pada soal pemecatan, perusahaan gulung tikar, gaji yang minim, serta susah mencari penghasilan yang resikonya kecil.
MLM telah melakukan perubahan tahap demi tahap. Dahulu, MLM dikenal sebagai industri ‘penjualan sabun’ lalu berkembang hingga konsumen yang biasa membeli di toko-toko dapat membelinya melalui MLM, khususnya produk gizi dan perawatan kulit. Di tahun 80 an, bukan hanya produk yang ditawarkan MLM, tetapi merambah ke industri jasa yang terus dikembangkan. Sebagian perusahaan MLM juga punya kepedulian sosial yang tinggi. Misalnya merawat para tuna wisma, memberi makan kaum miskin, membersihkan lingkungan, membantu korban bencana alam bahkan salah satu MLM memberikan bantuan untuk para korban perang di Palestina.
Bila anda telah memilih bergabung dengan suatu perusahaan MLM, anda membutuhkan sponsor yang memberi bantuan secara aktif. Anda harus banyak belajar dari upline anda. Ini penting sekali karena dalam melakukan presentasi akan dibutuhkan pengetahuan mengenai kekuatan produk dan keuntungan bisnisnya. Karena tidak semua perusahaan memberikan pelatihan atau training. Jadi sponsor atau upline anda diwajibkan membantu dan melatih anda, apalagi jika anda seorang pendatang baru di MLM atau pernah mengalami kegagalan dibisnis MLM.
Sponsor atau upline harus mampu memberikan pelatihan dan memberikan solusi dari permasalahan yang anda hadapi, bagaimana mewujudkan dan mempresentasikan produk atau jasa perusahaan, maupun peluang bisnisnya. Ia harus menolong anda merekrut distributor-distributor baru diantara klien hingga mampu mendirikan jaringan anda. Lagi-lagi, sebagian besar perusahaan tidak memiliki perlengkapan penjualan yang anda perlukan, maka mencari sponsor atau upline yang bisa memberikan pelajaran sangat penting.

Kekuatan Duplikasi
Keinginan kuat setiap pelaku bisnis network marketing adalah bila dirinya berhasil menjadi seorang duplikator yang baik. Para pelaku MLM tahu, hanya dengan cara duplikasi inilah segala bentuk bonus dalam bisnis MLM dapat dinikmati. Tapi, sekalipun banyak yang paham akan makna duplikasi ini, masih saja ada yang tidak berjalan dengan lancar.
Jika anda melakukan kegiatan mengundang, presentasi, mensponsori lalu anda juga berharap downline anda akan melakukan hal yang sama dan anda menganggap itulah dupikasi, maka pandangan anda tersebut salah besar. Anda akan mengalami kekecewaan. Duplikasi bukan hanya sekedar contoh di depan untuk ditiru lalu selasai. Duplikasi tidak sesederhana itu. Sebab, dalam duplikasi, anda harus masuk ke dalam dunia orang asing. Anda sedang membuka hati, pikiran dan semangat orang lain untuk melakukan pekerjaan yang sedang anda kerjakan. Ada dua hal yang harus anda terima dalam menjalankan duplikasi, yakni pertama, Anda harus meningkatkan dan mengembangkan diri secara terus-menerus, dengan tujuan supaya anda bertumbuh dengan sehat dan benar dalam menjalankan bisnis MLM yang anda tekuni. Kedua, ulet, pantang menyerah dalam menjalankan bisnis anda.
Untuk menjadi seorang distributor yang tangguh, handal dan sukses di MLM perlu beberapa kiat-kiat tertentu. Tips yang bisa menunjang diri anda terus berkembang dan bersemangat dalam menjalani bisnis, sehingga diharapkan dari tindakan ini, anda semua tetap maju pantang mundur dan tidak cepat patah semangat. Cobaan dan Tantangan sebagai seorang distributor MLM adalah sangat besar dan tidak mudah untuk di lalui, sehingga kesabaran, ketabahan dan keterbukaan diri untuk menerima semua tantangan yang ada adalah hal utama menuju keberhasilan. Berikut tindakan yang sangat berguna bagi kesuksesan anda dalam menekuni salah satu MLM yang anda pilih dan anda pikir cocok untuk anda dan masa depan. Tindakan yang positif dan perlu untuk anda lakukan adalah:

Pelaku Sekaligus Konsumen
Sebagai distributor MLM tidak hanya bisa menjual, tetapi harus dan wajib menggunakan produk dari MLM yang anda jalani, sehingga manfaat dan kegunaan dari produk tersebut benar-benar anda rasakan sendiri. Hal ini perlu karena anda bisa dengan nyaman menjalani bisnis MLM tersebut, dan yang paling penting adalah pada saat anda menawarkan kepada calon pembeli atau member baru, anda dengan mudah dan percaya diri bisa menjelaskan, mempresentasikan dengan baik kepada mereka. Coba bayangkan jika calon prospek anda bertanya sudahkah anda menggunakan produk MLM yang anda tawarkan ini? Jawaban anda belum, atau anda harus berbohong dengan mengatakan sudah pasti mereka tidak akan tertarik dan menaruh rasa antusias kepada anda, karena anda tidak mempresentasikan diri anda dengan baik. Jadi, pergunakan produk MLM untuk diri anda sendiri keumdian orang lain.

Terus Belajar
Banyak leader-leader MLM yang sukses dan cepat meraih keberhasilan karena mereka banyak belajar. Banyak cara untuk dilakukan, yang mudah dan menyenangkan adalah sering-seringlah membaca buku-buku yang bermanfaat buat pengembangan bisnis MLM anda. Dengan midah anda bisa mendapatkan buku-buku ini di toko buku terkemuka, diantara buku yang menunjang dan perlu dibaca adalah semua buku karangan Robert T. Kyosaki – Cashflow Quadrant, Rich dad Poor dad, Business School, Retire Young Retire Rich dll. Buku karangan Zig Ziglar, Anthony Robbins, Burke Hedges, Mac Gill, Bill Gates, serta masih banyak lagi. Selain belajar sendiri, tentunya anda harus belajar dari upline atau leader anda, lakukan sharing, tanya jawab dan solusi pemecahan masalah. Sering datang ke acara presentasi, mendengarkan dan mencatat semua tips dan kiat-kiat sukses dari para leader untuk memudahkan anda bergerak, serta mendengar cerita atau kisah-kisah lucu, haru yang tidak mengenakkan yang dialami leader anda untuk menambah kekuatan dan semangat pantang menyerah.

Pergunakan Tehnik Adifikasi
Jika anda baru pertama kali atau belum lama terjun ke sebuah bisnis MLM, tehnik adifikasi adalah suatu langkah yang harus anda ambil dan lakukan. Tehnik adifikasi adalah tehnik menawarkan sebuah bisnis atau memasarkan bisnis MLM anda dengan calon member anda, dengan jalan memberitahukan leader anda yang sudah sukses di bisnis MLM tersebut, kemudian siap sedia membantu anda untuk memotivasi calon downline anda, memberikan penjelasan dan berbagi ilmu. Kebanyakan orang yang dipresentasi selalu bertanya siapa yang sudah sukses, berapa lama, bagaimana caranya dsb. Jika anda baru memulai, tentunya bukti belum begitu mendukung, maka jalan satu-satunya adalah memanggil upline anda. Mengundang prospek ke acara presentasi adalah hal yang mudah untuk meng-adifikasi.

Bentuklah Team
Di bisnis Network Marketing, jarang sekali dan hampir tidak ada orang yang sukses dengan jalan sendiri tanpa bantuan orang lain. Ingat, network marketing terkait erat sekali dengan relationship business, berbisnis secara kekeluargaan. Jadi usahakan membentuk teamwork yang solid, membentuk team kerja yang bagus dan jadwal yang terencana. Jalin komunikasi yang baik dengan leader, upline dan downline anda secara terus-menerus, ini penting sekali karena bisnis anda bermain dengan waktu, bermain dengan informasi, bermain dengan kecepatan. Tanpa komunikasi, anda akan terlambat memonitor informasi terbaru, terlambat bergerak dan terlambat untuk melakukan percepatan bisnis.

Gunakan Alat Bantu
Gunakan semua media penunjang dalam menjalankan bisnis MLM. Anda juga harus kreatif dan penuh inovasi. Memanfaatkan media penunjang dari perusahaan berupa brosur produk, kesaksian, brosur marketing plan dan VCD jika ada. Terus bagikan ke relasi atau teman anda dengan cara meminjamkan untuk dipelajari. Jika jarak anda jauh dengan mereka, maka internetlah yang bisa menjawab semua itu. Jadi pergunakan website bisnis yang anda miliki sekarang. Andapun bisa melakukan inovasi dan kreasi sendiri, yang terpenting adalah bagaiman agar bisnis yang anda tawarkan menarik dan mempunyai prospek masa depan yang bagus. Hadir dalam seminar-seminar motivasi untuk membakar semangat anda.

Tentukan Impian
Ingatlah tidak ada kata gagal, yang ada hanya kesuksesan yang tertunda. Selalu melihat orang lain yang sukses di MLM, dan selalu camkan pertanyaan ini “kalau mereka bisa, kenapa saya tidak?” dengar dan tampung semua impian dowline anda, pertemukan bersama dengan impian anda, satukan dalam langkah dan bergeraklah maju seperti leader-leader anda. Jangan melihat ke belakang, jangan ingat masa sulit anda, terus maju dan selalu menyenangi segala langkah yang anda tempuh bersama jaringan anda. Kendala yang anda hadapi adalah sebuah proses dari keberhasilan yang akan anda raih. Sebenarnya mereka bukan menolak dengan apa yang anda tawarkan, tetapi mereka belum membuka diri untuk anda. Maka dari itu, buka impian mereka, coba samakan visi dan persepsi dulu, baru kemudian jelaskan bisnisnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar